Membangun Warnet Linux

Diposting oleh farhan on Monday, April 7, 2008

Sebenarnya ini modal nekat saja. saya tidak ngerti sama sekali soal linux. Tapi saya pengen sekali punya warnet. Berhubung sekarang lagi rame2nya berita sweeping windows bajakan, ya akhirnya pilihan jatuh ke warnet linux. Cari-cari informasi di internet, akhirnya sampai juga ke AWALI. Dari awali saya dapat info banyak mengenai warnet linux.

Berikutnya mulai pilih2 distro yang pas.. dari AWALI dapat ide untuk menggunakan Zencafe 1.4, akhirnya saya samperin langsung ke situsnya, dan didukung oleh pernyataan2 teman2 lain yang mendukung seperti disini dan disini, semakin memperkuat keputusan saya untuk memakai distro Zencafe 1.4, yang paling meyakinkan adalah 2 paragraf yang ditulis vavai disini,
Sebagai distro yang didesain untuk warnet, Zencafe memuat berbagai aplikasi yang secara umum dibutuhkan pada komputer yang dipergunakan oleh para pengunjung warnet. Padanan aplikasi semacam Yahoo Messenger dengan dukungan webcam, IRC, multimedia, browser dan lain sebagainya sudah dipaketkan secara out of the box.

Karena positioning yang jelas (khusus untuk warnet, meski bisa juga digunakan untuk perkantoran), ringan, mudah digunakan dan didukung oleh AWALI (Asosiasi Warnet Linux & Open Source Indonesia), saat ini Zencafe menjadi satu-satunya distro yang paling sesuai untuk dipergunakan oleh Warnet. Disto Pinux juga cukup populer namun pengembangannya saat ini terhenti.

Akhirnya saya dapatkan CD Zencafe 1.4 dari http://distro.lug.or.id, Dan mulailah saya bereksperimen dengan menginstal di dua kompie saya.

Spek kedua kompi tsb: PIII 866, sdram 128mb, HD 10GB.

Untuk manual Instalasinya bisa anda download disini : http://doc.pacarkembang.net

Kemaren saya sudah mulai instal-instal zencafe. Instal otomatis saja, ngikuti petunjuk Manual Instalasi. Karena yang saya bisa sebenarnya ya cuma itu saja, instal linuxnya, selanjutnya saya tidak tahu. Bagaimana koneksi ke internetnya, gimana sharingnya, sama sekali belum ngerti. Untunglah ada beberapa teman yang siap membantu kalo ada kesulitan.

Bisa dikatakan nekat, karena ini sebenarnya hanya warnet kecil, dengan modal pas-pasan, dan pengetahuan linux dan ilmu jaringan yang minim. Tapi saya memang dari dulu pengen mengelola warnet sendiri, jadi sepertinya memang sekaranglah saatnya mencoba. Hmm.. gimana ya dengan nambah jumlah kompienya... bikin sekat-sekatnya.. bikin jaringannya.. nambah aksesoris ini itu... wah.. dana lagi nih.. hehe... Okelah.. yang ada dulu... sedikit demi sedikit... selangkah demi selangkah...

Sementara ini yang ada adalah : PIII sebanyak 5 buah, dan PII sebanyak 2 buah, sepertinya PII-nya gak bisa dipake, jadi harus cari tambahan lagi... cari dana lagi...

Kembali ke soal instal-instal tadi, untuk sementara saya sudah bisa melihat tampilan dan mencoba-coba aplikasi yang ada. Tapi aplikasi internet belum bisa karena modem speedy yang pesan di orang telkom belum dikirim.... nunggu... (bersambung)

{ 0 komentar... read them below or add one }