It is now safe to turn off your computer

Diposting oleh farhan on Sunday, August 3, 2008

2 hari yang lalu saya menginstal ulang salah satu komputer di warnet akibat banyak virus yang ngendon di dalamnya. Segalanya berjalan lancar sampai akhirnya saya menyadari bahwa ketika komputer saya shutdown, komputer tidak mau langsung mati karena berhenti pada tulisan "It is now safe to turn off your computer". Lucu sekali, karena tulisan ini seingat saya hanya pernah ada pada zaman komputer jadul pentium I ber-OS windows 98 ke bawah, yang mana secara hardware belum support ATX. Sementara ini adalah komputer Pentium III dan ber-OS Windows XP. Dan lagi, saya tidak mengalami permasalahan ini dikomputer ini sebelumnya. Memang sih, waktu beli dulu, ini adalah komputer second yang sudah terinstal Windows XP di dalamnya. Jadi apa yang sesungguhnya terjadi?


Dari korek-korek di google, ketemu beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya, antara lain;

. Komputer sebenarnya sudah support APM (Advanced Power Management ) tapi konfigurasi di BIOS tidak terkonfigurasi dengan benar sehingga sistem tidak bisa mematikan power supply.
. Pada saat instalasi ulang Windows, Windows tidak mendeteksi bahwa komputernya sudah ACPI-compliant.
. Ada perangkat hardware atau driver yang membuat komputer tidak mampu shutdown secara benar.
. Dan yang terakhir mungkin karena komputer belum ACPI-compliant.

Dari beberapa penyebab diatas, yang paling tepat untuk kasus komputer saya adalah poin ke dua, yakni Proses Instalasi Windows tidak mendeteksi adanya ACPI, karena fitur APM di BIOS settingannya berubah jadi disable.

Langkah-langkah yang saya lakukan adalah :
1. Meng-enable-kan APM di BIOS. Sebagai hasilnya, komputer tetap menampilkan pesan "It is now safe... " tersebut. Sebagai catatan, langkah ini sudah saya lakukan sebelum mencari jawaban di google.
2. Meng-enable-kan APM support di Windows, caranya :
a. melalui control panel, pilih Power Options,
b. klik tab APM
c. pilih Enabel Advanced Power Management,
d. OK
3. Matikan komputer.... dan .. sukses! komputer shutdown sebagaimana mestinya.

Tulisan sejenis ditulis ulang oleh penulisnya di masansoft.com dengan judul "it is now safe to turn off your computer"

{ 2 komentar... read them below or add one }

Anonymous said...

pantes mirip... yg pny nya sama! bos komputerku jg gt nih skrng kasus acpi compliant, sy coba ilmunya ya thanks

caang said...

pantes mirip... yg mpunya nya sama! bos pc-ku error gt kasusnya acpi compliant, sy coba ilmunya ya thanks