Menghapus Virus dengan Memanfaatkan Windows Live

Diposting oleh farhan on Saturday, November 29, 2008

Jika anda pengguna Windows, anda mungkin pernah dipusingkan oleh serangan virus, baik itu virus lokal ataupun virus impor, yang gagal diantisipasi oleh antivirus di komputer anda. Bahkan mungkin antivirus tidak lagi mendeteksinya sebagai virus, tapi efek serangan virus sangat terasa, dengan gejala komputer yang mulai melambat atau fungsi-fungsi dari sistem windows yang banyak menghilang. Dengan menginstal antivirus baru kadang juga tidak menolong. Karena setelah virus berhasil dideteksi dan sepertinya bisa dihapus, namun pada kenyataannya virus masih ngendon di komputer kita dan muncul lagi saat vindows start-up.



Untuk mengatasi hal seperti ini ada baiknya kita menggunakan bantuan Windows Live in CD yang di dalamnya sudah terinstal Anti Virus. Pengalaman saya menggunakan Windows Live yang didalamnya terinstal NOD32, dapat mengatasi virus-virus bandel seperti halnya virus-virus baru di bawah ini :

- Aksika (4k51k4), 45 KB, membuat backup MSVBVM60.DLL. disable System Restore, aktif di normal mode, Safemode dan Safemode with Command Prompt.

- Coolface, 78 KB, virus Bangka yang ditulis dalam bahasa C++ dan berusaha membasmi semua virus Visual Basic dengan menghapus file MSVBVM60.DLL.

- KillAV, 22 KB, menyembunyikan semua file MS word dan mengganti dengan dirinya.

- Pendekar Blank, 34 KB, menyembunyikan folder C:\Windows\System32 dan membuat file duplikat sesuai dengan nama folder yang disembunyikan [system32.exe], membackup MSVBVM60.dll di C:\WINDOWS\system32\dllChache, manipulasi file .com dan .txt sehingga setiap kali dijalankan akan menjalankan virus.

- Pacaran, 59 KB, mengubah ikon file "non virus" (MP3, txt, reg file, jpeg, inf dan exe) di komputer korban menjadi folder dan tipe file application sehingga pengguna komputer mengira itu adalah virus dan menghapusnya. Aksi lainnya virus ini memanipulasi Host file, menyembunyikan drive dan folder, mengubah tipe file "File Folder", MP3, JPEG menjadi W32.Pacaran.

- Blue Fantasy, 40 KB, otomatis menginfeksi dari Flash Disk, menyembunyikan folder dan menggantikan dengan file virus duplikat dengan ikon folder.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Setting komputer agar Boot Order paling atas adalah boot melalui CD ROM.
2. Masukkan CD Windows Live yang anda punya dan restart komputer jika komputer dalam keadaan menyala.
3. Window Live akan langsung aktif dan akhirnya anda bisa melakukan scan virus menggunakan program antivirus yang tersedia di CD.

{ 0 komentar... read them below or add one }